Tips Untuk Wanita yang Bermasalah dengan Rambut


.

Mengatasi Rambut yang Rontok
Rambut merupakan mahkota untuk setiap wanita. Namun ada saja masalah yang ditimbulkan dari rambut yang bisa membuat kita menjadi stres. Apalagi bila kita sering sekali mewarnai rambut dan mencatoknya. Bisa membuat rambut menjadi mudah rusak, misalnya patah-patah ataupun rontok. Rambut yang rontok memang wajar dialami setiap orang karena umumnya rambut yang rontok itu akan digantikan dengan rambut yang baru tumbuh. Namun bagaimana jika rambut yang rontok itu sangat banyak setiap hari? Tentu mengkhawatirkan ya. Lalu bagaimana ya caranya mengatasi kerontokan rambut?

Berikut beberapa tips yang dapat kita coba :

1. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, maka dari itu setelah keramas keringkan dengan handuk supaya tidak lepek tetapi rambut jangan dibalut dengan handuk setelah itu, biarkan saja rambut mengering dengan sendirinya. Saat menyisir rambut, gunakanlah sisir yang bergerigi jarang untuk menghindari rontoknya rambut dari akar yang sudah merapuh. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlebih dahulu menggunakan hairdryer selama menjalani perawatan, karena akan merusak kelembaban rambut. Setelah rambut mengering sebaiknya jangan mengikat atau menjepitnya, karena akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sebaiknya biarkan rambut tergerai.

2. Saat Anda akan bepergian ke suatu tempat dan kondisi cuaca sedang terik, sebaiknya gunakanlah payung atau penutup kepala untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung ke kepala. Karena sengatan tersebut akan membuat kulit kepala berkeringat dan akan berpengaruh terhadap kelembapan rambut.

3. Lakukan creambath, hair masker atau hairloss treatment, dua kali dalam sebulan untuk membantu mengembalikan kesuburan dan keindahan rambut. Namun jika kerontokan rambut sudah tidak bisa tertangani sendiri oleh Anda, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada pakar kesuburan rambut, untuk segera diberikan penanganan agar rambut tidak semakin parah rontoknya.
Menjaga Rambut agar tetap Sehat

Punya rambut sehat, kuat, dan indah tentu jadi dambaan setiap wanita. Tak heran, kita pun kadang rela mengorbankan waktu berjam-jam di salon, menjalani beragam perawatan, dan menguras isi kantong. Padahal, selama rambut tak bermasalah, Anda hanya perlu membiasakan hal-hal yang mungkin terlihat “sepele” ini menjadi rutinitas. Jadi, tak perlu banyak berkorban bukan?

Caranya :

1. Kurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah. Kalaupun terpaksa digunakan, atur suhu pada temperatur terendah saat dijalankan. Walau sedikit lebih lama, dijamin rambut akan lebih berkilau, mudah diatur, dan terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah.


2. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dulu karena akar dan batang rambut yang lembab umumnya sangat rapuh.

3. Jangan gunakan air panas saat mencuci atau membilas. Panas menyebabkan batang rambut menjadi kusam dan tak bercahaya.


4. Perhatikan sampo yang Anda pakai. Pilihlah yang berformula PH balance yang sesuai untuk jenis kulit kepala dan rambut Anda. Jangan korbankan mahkota Anda dengan terlalu sering menggonta-ganti merek sampo.

5. Abaikan mitos tentang menyisir rambut seratus kali setiap hari. Ini justru akan mengakibatkan rambut jadi mudah patah.


6. Segera cuci rambut setiap kali sehabis berenang agar terbebas dari sisa klorin yang mungkin masih menempel.


7. Kurangi pemakaian mousse atau gel rambut beralkohol agar rambut terhindar dari kekeringan. Jika terpaksa, segeralah cuci dengan sampo clarifying (berformula penjernih) yang mampu membersihkan sekaligus mengangkat sisa hair spray atau gel di rambut.


8. Ingatlah, mengonsumsi makanan bergizi dan menjalankan diet dengan teratur punya andil dalam menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.
Selamat mencoba, membuat rambut anda menjadi sehat dan indah.

Your Reply

LiVe MusT Go On