Merawat dan Membersihkan Kamar Mandi


.


Kamar mandi merupakan satu kebutuhan kita yang penting. Oleh karena itu kebersihan kamar mandi harus selalu dijaga. Apalagi untuk seorang mahasiswi seperti aku ini harus bisa membersihkan dan merawat kamar mandi sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Karena kamar mandi termasuk kebutuhan penting dalam keseharianku.
Di bawah ini beberapa cara menjaga dan membersihkan kamar mandi yang mungkin dapat kita pelajari.
• Membersihkan dinding dan lantai kamar mandi
1. Kamar mandi yang setiap hari digunakan, dinding dan lantainya perlu dilap dengan lap bersih yang lembab dengan sedikit bahan pembersih non abrasive. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari.
2. Cara lain bisa dengan menggosokan lantai kamar mandi dengan cairan desinfektan.
3. Atau bisa menggunakan tawas dan caranya sama dengan saat membersihkan bathtub atau bak kamar mandi.
4. Untuk rumah Mom’s yang airnya mengandung kapur, pasti jengkel dengan dinding dan kamar mandi yang bernoda kapur. Untuk menghilangkannya buat air dan garam dengan perbandingan 1: 2 lalu bersihkan bagian yang bernoda dengan larutan garam tersebut.

• Membersihkan kloset
1. Tuangkan sedikit pemutih ke dalam kloset atau perciki dengan bubuk pembersih yang cocok. Tapi jangan bersamaan karena bisa berbahaya. Lalu sikat dengan sikat kloset.
2. Bersihkan dudukan kloset dengan cairan desinfektan.
3. Bersihkan kloset dengan sikat kloset setelah itu jangan lupa untuk membilas sikat dengan air sabun panas.
4. Jika kloset anda mampet, segera beli garam sebanyak 5 kilo, tumbuk halus dan taburkan garam tersebut ke lubang wc. Dan klosetpun kembali lancar.

• Membersihkan dan merawat kran air
1. Gosok kran dengan pembersih untuk stainless steel. Lalu bilas dengan air panas. Lap kran sampai kering.
2. Jika kran bernoda kapur agak tebal, ambil kapas dan beberapa tetes cuka. Gosokan kapas tersebut pada kran selama beberapa menit. Setelah itu biarkan selama 1 sampai 2 jam. Noda kapur pun akan larut.
3. Jika air di kran anda kotor, gunakan kapas dan selembar plastik bening. Lubangi plastik lalu masukan kapas ke dalamnya. Ikatkan pada mulut kran dan air yang keluar dari kran akan menjadi bersih dan bening.
4. Jika kran air anda mampet, lepaskan kepala kran lalu rendam dengan air cuka semalaman, maka kotoran (pengapuran) yang menyumbat kran akan keluar. Setelah itu bilas dengan air bersih dan pasang kembali. Cara ini itu efektif jika kran mulai berbunyi saat diputar.

• Membersihkan dan merawat bak air
1. Bak air yang sudah menguning dapat kembali mengilap dengan cara mencampurkan larutan garam yang dicampur terpentin, selanjutnya gosokkan, lalu bilas.
2. Biasakan menyiramkan air sepanas mungkin selama beberapa saat terutama pada bagian yang kotor agar mudah dibersihkan, lalu bersihkan dengan cara di atas.
3. Biasakan untuk mengisi bak air dengan air dingin terlebih dahulu baru kemudian air panas, jika langsung mengisinya dengan air panas lama kelamaan bak air akan cepat retak retak.
4. Bila bak air memiliki noda membandel, segera ambil tawas lalu hancurkan. Campurkan dengan sedikit air sehingga membentuk krim kental lalu gosokkan pada noda yang membandel. Bila nodanya tetap membandel beri sedikit perasan jeruk nipis atau lemon pada krim tawas. Oleskan larutan ini pada noda dan biarkan mengering. Setelah itu beri lagi perasaan jeruk nipis atau lemon baru digosok. Terakhir bilas dengan air bersih.

Your Reply

LiVe MusT Go On