Fish Spa Therapy


.

Mungkin karena letaknya di bawah, kaki kita seolah-olah jadi bagian yang kurang penting. Karena kurang diperhatiin, jadi timbul banyak masalah yang bakal merusak penampilan., antara lain kapalan, tebalnya kutikula, dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya biasanya kita melakukan pedicure di salon. Tapi perawatan pedicure hanya sebatas pada bagian kutikula kuku. Nah sekarang ada metode baru untuk perawatan kaki yaitu “Fish Spa Therapy”.

Jika selama ini anda mengenali ikan sebagai binatang peliharaan yang menyenangkan. Kini ikan juga bisa berfungsi sebagai dokter untuk terapi kesehatan. Gara ruffa adalah nama spesies ikan yang kini sedang jadi tren untuk terapi fish spa. Terapi ini digunakan untuk mempercantik serta menyehatkan tubuh. Metode Fish Spa Therapy ini sangat digemari di Cina,Singapura,dan Malaysia.

Untuk Fish Spa Therapy sendiri, menggunakan ikan yang berasal dari Kangal Turki. Tentunya ini bukanlah ikan sembarang ikan yang digunakan ini adalah jenis Garra Rufa yang memiliki kemampuan untuk memakan sel kulit mati, parasit, sampai kuman sehingga sering disebut sebagai Doctor Fish. Ikan tersebut tidak memiliki gigi dan sangat suka dengan kulit manusia yang kering dan mengelupas. Jadi mereka siap menggigiti kulit-kulit kering yang terdapat di kaki Anda. Terutama di bagian telapak kaki.

Geli dan risih. Mungkin itulah yang Anda bayangkan saat puluhan ikan kecil menyerbu kaki Anda. Tapi, jangan hanya dibayangkan, sebaiknya terapi memanjakan kaki lelah ini dicoba. Terapi ini dikenal dengan sebutan Fish Spa Therapy, karena menggunakan ikan.

Saat ini, mulai banyak ditemui terapi menghaluskan kaki menggunakan ikan. Sebenarnya perawatan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kini, mulai menjamur tempat perawatan spa yang menyediakan terapi ini.


Salah satu tempat di Jakarta yang membuat tempat khusus untuk Fish Spa Therapy Spa adalah Kenko Reflexology & Fish Spa. Bertempat di Lower Ground Senayan City, Jakarta, Kenko memiliki konsep memanjakan para pengunjung mal yang kelelahan setelah berbelanja dan berjalan-jalan.


Jika kebetulan Anda sedang berada di sana, coba terapi ini. Anda hanya tinggal duduk manis, memasukkan kaki dalam kolam, lalu ikan-ikan kecil akan membersihkan dan memanjakan kaki Anda.


Untuk Fi
sh Spa Therapy sendiri, menggunakan ikan Garra Ruffa yang berasal dari Kangal Turki. Ikan tersebut tidak memiliki gigi dan sangat suka dengan kulit manusia yang kering dan mengelupas. Jadi mereka siap menggigiti kulit-kulit kering yang terdapat di kaki Anda. Terutama di bagian telapak kaki..


Fungsi dari fish spa therapy ini mirip perawatan pedicure
dan manicure, hanya lebih lengkap. Pasalnya, ikan-ikan tersebut tidak hanya membersihkan telapak kaki tetapi juga membersihkan sampai bagian betis. Selain itu, dengan gigitannya, ikan memberi semacam terapi refleksi pada kaki yang berguna memperlancar peredaran darah.


Sebelum para pengun
jung melakukan Fish Spa Therapy, kaki akan dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan antiseptik oleh para terapis. Hal itu untuk menjaga kebersihan air dalam kolam. Selain itu sirkulasi air kolam tempat ikan Garraf Ruffa tinggal sangat dijaga.


Air setiap hari diganti secara otomatis dan telah melewati penyaringan lampu UV untuk menyingkirkan virus dan bakteri. Kami ju
ga menggunakan terapi ozon untuk menghancurkan kotoran cair yang ada dalam kolam.

Untuk terapi sendiri, saat pertama mencelupkan kaki ke dalam kolam, ikan akan langsung menyerbu kaki dan rasanya agak menggelitik. Bagi yang tidak tahan rasa geli mungkin akan kaget. Tetapi setelah beberapa menit, kaki akan mulai terbiasa digigiti oleh ikan-ikan yang berusia 8-9 bulan itu.
Terapi tersebut membutuhkan waktu 30 menit.

The Proces

Pertama, kaki kita cuci dega sabun dan dibersihkan dari kotoran-kotoran dan sisa body lotion dengan menggunakan cairan antiseptic. Proses pembersihan ini dilakukan sekaligus untuk mengecek kesehatan kulit kaki, ada luka atau penyakit pada kulit kaki.

Setelah itu, kaki dimasukan ke dalam kolam berisi ribuan ikan garra rufa yang akan langsung menyerbu kaki kita, dan rasanya agak mengelitik. Buat kamu yang tidak tahan geli awalnya akan kaget. Tapi setelah beberapa menit, rasanya seperti dipijat dan kaki akan mulai terbiasa merasakan gigitan para doctor fish ini. Proses ini berlangsung sekitar 30 menit.

Kemudian kakidikeluarkan dan dikeringkan dengan handuk, lalu diberi lotion agar kulit lebih halus.

Setelah fish spa therapy ini, kulit telapakkaki hingga betis kita akan halus dan lembut banget. Sumbatan yang ada pada pori-pori kaki akibat kulit mati juga akan terbuka kembali.

Selamat mencoba ya.


Your Reply

LiVe MusT Go On