Menikmati Weekand


.



Bagi anda yang tinggal dan bekerja di Jakarta, setelah satu minggu penuh bekerja ataupun kuliah. Dan merasakan penatnya kota Jakarta. Pastinya anda sangat lelah dan mungkin juga anda mengalami kejenuhan yang dapat mnyebabkan Stres kecil dalam diri anda . Salah satu solusi yang tepat adalah pergi berekreasi. Karena waktu yang ada cukup singkat haya sabtu/minggu anda dapat bepergian ke daerah wisata terdekat misalnya saja anda dapat pergi ke kota bogor atau bandung. Yang suasana dan udara disana masih asri. Dibawah ini tedapat beberapa objek wisata yang terdapat di Bogor dan Bandung.

Bandung

Keindahan alam Bandung dengan berbagai macam wisata petualangan menanti anda. Mulai dari Pegunungan sampai ke danau, dari taman ke hutan. Bandung merupakan kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan. Kawasan hijau yang meliputi hutan lindung, kawah gunung berapi, perkebunan, air terjun, air panas dan bumi perkemahan. Bandung menyajikan pemandangan alam, udara segar, dan kesejukan yang luar biasa. Beberapa tempat yang dapat dijadikan objek wisata :

  • Gunung Tangkuban Perahu ; alam yang indah dan masih belum tersentuh oleh pembangunan, banyak pengunjung yang tertarik dengan pesonanya, terletak di Sindangbarang 125 km dari Cianjur dan 220 km dari Jakarta.
  • Kawah Putih ; di kawasan Bandung Selatan, berjarak 46 km dari Bandung terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha - orang tua terdahulu menyebutnya gunung sepuh – dengan ketinggian 2.434 m dpl. Gunung tersebut memiliki 2 buah kawah, yaitu : Kawah Saat d puncak bagian barat, dan Kawah Putih yang berada dibawahnya pada ketinggian 2.194 m dpl. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang konon masing-masing terjadi pada abad X dan abad XII.

Keberadaan Kawah Saat maupun Kawah Putih, semula tidak banyak diketahui orang karena puncak Gunung Patuha oleh masyarakat setempat dianggap angker, sehingga tak seorangpun yang berani menjamahnya.Misteri Kawah Putih dengan segala keindahannya baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang Belanda bernama Peter Junghuhn. Namun demikian, keindahan Kawah Putih tetap tersembunyi – tidak di kenal dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas – sampai PT. Perhutani mengembangkannya menjadi obyek wisata alam.

  • Danau Situ Patenggang ; Objek wisata alam yang terletak di dataran tinggi Bandung Selatan pada ketinggian kurang lebih 1.600 meter di bawah permukaan laut. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di antaranya menikmati keindahan dan kesejukan alam pegunungan, berperahu motor atau bersepeda air mengelilingi telaga (situ), memancing, mengamati flora dan fauna, lintas alam. Selain kegiatan tersebut pengunjung dapat juga berjalan-jalan sambil mengamati satwa surili di tajuk-tajuk pohon, menikmati kesejukan dan keindahan kebun the yang terletak berdampingan
  • Curug Maribaya ; Air terjun, tempat rekreasi dan jurang yang indah sekali membuat maribaya menjadi tempat peristirahatan yang sangat terkenal ,hanya beberapa menit dari timur Lembang, pada hari minggukhususnya tempat ini ramai. Minibus dan kereta kuda bulak - balik dari lembang. Maribaya menarik bagi banyak penduduk Bandung karena pada hari minggu sumber air panas di alirkan ke kolamkecil untuk umum dan ke berbagai kamar, mandi pribadi. Beberapa orang datang kesini untuk mengajak anak - anak bermain di lapangan dan menunggang kuda (3 dollar / jam), dan banyak hanya berpiknik di taman.
    Perjalanan bagus dan mudah melewati jurang Cikapundung ke taman Juanda, kira - kira satu setengah jam. Jalan kecil pertama ke air terjun (jalannya kurang baik, dan tidak mungkin untuk berenang) dan kemudian menuju jurang tidak jauh dari cabang jalan kecil, disebelah kiri jalan lkeluar dari lembah, menurun dan bercabang lagi tepat disitu belok kiri dan akan membawa anda ke pemandangan yang sangat mengesankan sedikit lebih tinggi dari Maribaya, jalan kecil ke arah kanan menuju Dago, berjalan lebih jauh melewati jalan kecil anda akan sampai di taman Juanda, melewati tempat pertahanan jepang pada perang dunia ke II di sepanjang jalan. Jalan yang lain kembali ke Bandung mulai dari tempat parkir curug Omas kira - kira 5 km meter dari persimpangan Lembang,sebelum mencapai maribaya. Jalan ini memberikan pemandangan yang jauh lebih baik daripada jalan kerta api yang kecil, jalan ini juga menuju taman Juanda atau kira - kira 45 menit lebih lama ke daerah Cimbuleuit. Jalan terus ke arah timur adalah persimpangan Lembang menelusuri pepohonan yang rimbun di sepanjang jalan, kira - kira 4 km dari Lembang. Perjalanan dimulai dari jurang Cikapundung ke lembah, jika anda pergi dengan menggunakan kereta kuda anda harus berjalan menuruni bukit, tempat parkir Maribaya 5,5 km dari persimpangan Lembang.
  • Curug Dago ; terletak didaerah utara Kota Bandung, daya tarik lokasi ini adalah terdapatnya sebuah air terjun setinggi 30 meter. Pencapaian menuju air terjun dilakukan dengan berjalan kaki atau kendaraan beroda dua, walaupun tidak ada jalur khusus untuk kendaraan. Air terjun ini merupakan bagian dari hulu Sungai Cikapundung yang melintasi Kota Bandung. Fasilitas yang ada diantaranya tempat berteduh dan tempat duduk serta warung makanan dan minuman temporer yang biasanya ada pada hari libur.
  • Kebun Teh Pangalengan ; Pilihan lain dari dua jam perjalanan dengan mengunakan kendaraan melewati Dayeuh kolot menuju sebuah pasar yang kecil di Pangalengan, di sebelah tenggara Bandung, kota pangalengan sendiri dibatasi tetapi mengelilingi daerah yang sangat menyenangkan. Daerah tujuan keluar dari pangalengan termasuk dua danau, sebuah peristirahatan sumber air panas, kawah gunung wayang di dekatnya, dan sebuah perkebunan the yang sangat besar.
    Kondisi jalan yang menakutkan yang selanjutnya jalan bercabang sebelum Santosa sebuah daerah kecil pabrik pembuatan teh, dan gunung Papandayan, menuju Cisewu dan ke selatan pesisir pantai. Jalan lain menghubungkan menuju lembah Ciwidey, santosa adalah kawasan yang menyenangkan, menawarkan untuk bermalam di perkebunan the, tinggal untuk bersantai dari kehidupan kota yang sibuk, perkebunan teh dikelola oleh perusahaan perkebunan PTP XIII di sebelah selatan Kota pangalengan.
  • Area Perkemahan Cikole ; Bumi perkemahan seluas 4,88 hektar ini terletak pada ketinggian 1300 m diatas permukaan laut, dan tidak jauh dari gerbang Tangkuban Perahu daerah Lembang-Subang. Memiliki fasilitas taman bunga, lapangan, taman area parker.
  • Kebun Bunga Cihideung ; Bandung mendapat julukan kota kembang karena sebuah alasan. Desa Cihedeung disebelah utara kota memperlihatkan sesuatu yang membuat Bandung selalu dihubungkan dengan Bunga. Sepanjang jalan desa Cihideung kita dapat melihat didepan setiap rumah penuh dengan bunga dan berbagai warna tanaman, menyamput setiap langkah pengunjung.


Masih terdapat berbagai objek wisata lainnya di Bandung yang dapat Anda nikmati. Dan dapatkanlah
Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung, untuk menemani Anda menikmati objek-objek wisata ini, yang selalu menanti kedatangan Anda. Mari ke Bandung dan dapatkan pengalaman yang tak pernah terlupakan.

Bogor

Kabupaten Bogor memiliki pariwisata yang beragam. Banyak obyek wisata menarik yang sering dikunjungi wisatawan, baik wisata alam, agro, sejarah, religius, wisata boga, dan seni budaya. Beberapa daerah yang menjadi tujuan wisata di wilayah Bogor, khususnya Bogor Barat, di antaranya:


Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor seluas 111 Ha yang didirikan pada tahun 1817 dengan koleksi tanaman sekitar 20.000 jenis merupakan kebun raya yang terkenal di dunia. Di dalam areal Kebun Raya ini terdapat Istana Bogor yang berarsitektur unik. Selain Kebun Raya Bogor dengan kekhasannya istananya itu, di wilayah Bogor terdapat banyak tempat wisata lain yaitu prasasti Batutulis, Danau Lido, Taman Safari dan Telaga Warna di kawasan Puncak, air panas Ciseeng atau kerimbunan Gunung Salak. Termasuk ke dalam wilayah wisata Bogor adalah Kebun Raya Cibodas, Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Padang, Istana Cipanas yang terletak di Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Kini obyek wisata di wilayah Bogor bertambah dengan dibukanya Taman Buah Mekarsari-Cileungsi dan Taman Bunga Nusantara.

Kota Bogor dikenal pula dengan asinannya, tales serta kerajinan dari tanduk sedangkan Cianjur terkenal dengan industri manisan.

KOTAMADYA BOGOR

Kotamadya Bogor yang dikenal sebagai “Kota Hujan”, luasnya meliputi 21,56 km2 dan terletak 60 km dari kota Jakarta. Kotamadya Bogor dikelilingi oleh Gunung salak, Pangrango dan gede, dan terletak pada 106o48’ Bujur Timur dan 60o39’ Lintang Selatan, dengan ketinggian minimumnya 190 m dan maksimum 330 m di atas permukaan laut.

Kelembaban udara kurang lebih 40% dengan suhu rata-rata 26o C dan curah hujan rat-rata 3.500 mm hingga 4.000 mm pertahun. Kotamadya Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan bebas hambatan Jagorawi dalam waktu 30 menit, atau dengan Kereta Listrik Jabotabek yang berangkat setiap 6 menit baik dari Jakarta maupun Bogor. Sedangkan dari Bandung, kota Bogor dapat dicapai dengan kendaraan beroda empat dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Kesenian yang ada yaitu wayang golek, gamelan degung, cianjuran, Calung, Kendang Pencak, Jenaka Sunda dan lain-lain. Cendera mata yang dapat diperoleh yaitu barang-barang kerajinan yang terbuat dari tanduk, kenari, rotan, perak, bambu dan wayang golek.

Buah-buah dari daerah ini seperti nenas, talas, pisang dan lain-lain.Dapat diperoleh di pasar ataupun di kios penjaja di sepanjang jalan ke luar kota Bogor menuju ke Cipanas.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

I. Istana Bogor

Didirikan oleh Gubernur Jendral Belanda, Baron Gustaaf willem Van Imhoff, 1745, sebagai tempat peristirahatan di akhir minggu dan di hari libur, dan diberi nama Buitenzorg. Kemudian dipakai sebagai kediaman resmi para gubernur jendral dan pejabat pemerintahan Hindia-Belanda sejak 1870 hingga 1942. Kini menjadi salah satu Istana Presiden Republik Indonesia. Istana yang luasnya 24 hektar ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya Konfrensi Lima Negara (India, Pakistan, birma, Ceylon dan Indonesia) pada tahun 1954, APEC tahun 1994. Di dalamnya tersimpan sekitsr 219 karya pelukis ternama dan 136 patung/keramik. Untuk masuk ke dalam Istana ini harus ada inji khusus dari Kepala Rumah Tangga Kepresidenan Bogor.

II. Kebun Raya Bogor

Kebun seluas 111 hektar ini didirikan pada tahu 1817 dan terletak disebelah Istana Bogor. Pendirinya adlah Prof. Dr. CG Reinwardt, ahli botani Belanda. Di taman ini terdapat kira-kira 20.0000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai macam tanaman dari dalam maupun luar negeri, termasuk Anggrek dan Kaktus. Kebun ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, labolatorium dan museum zoologi, dan merupakan salah satu pusat penyelidikan ilmiah terkenal di dunia dan sering dikunjungi oleh ahli botani dari luar negeri.

Di dalam kebun ini terdapat bunga raksasa atau bunga bangkai (amorphophalus Titanum Beccari), yang ditanam pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon, berasal dari hutan Sumatera, dan ditemuka oleh ahli botani dari Itali, bernama Beccari. Bunga ini mempunyai garis tengah 54 cm dan tingginya 2,5 meter, dan berwarna ungu dan kuning. Kebun ini juga berfungsi sebagai tempat pariwisata dan rekreasi terutama banyak dikunjungi pada hari-hari besar dan libur. Di halaman kebun ini juga terdapat makam istri Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Jendral Inggris di Pulau Jawa yang bertugas dari tahun 1811 hingga 1816, dan pernah tinggal di Istana Bogor.

III. Museum Zoologi

Museum yang terletak di dalam lingkungan Kebun Raya bogor ini didirikan pada tahun 1984 oleh Dr. J.G. Koningsberger. Di sini terdapat berbagai koleksi binatang-binatang yang sudah diawetkan, meliputi puluhan ribu species mamalia, serangga, reptilia, burung, ikan, keong, kerang, dll. Terdapat juga hewan jenis purba dan satwa langka.

IV. Herbarium Bogoriense

Terletak di Jalan Ir. H. Juanda, di sebelah Barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya tersimpan dan dipamerkan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

V. Pustaka Bogor

Didirikan pada tahun 1842 di dalam lingkungan Kebun Raya Bogor oleh ahli botani Belanda, Dr. J. Pierot. Koleksinya sekitar 300.000 jilid buku, 2.000 judul majalah ilmiah dan lebih dari 100.000 barang cetakan lainnya. Koleksinya meliputi buku-buku ilmu pengetahuan alam murni dan praktis, dengan mengutamakan biologi, yang diperoleh dari hasil pertukaran dengan lembaga-lembaga ilmiah dan ahli-ahli botani dan biologi di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan ini paling baik dan lengkap di Asia Tenggara.

VI. Batu Tulis

Merupakan prassati peniggalan jaman Kerajaan Padjadjaran yang ditulis dalam bahasa Jawa kuno yang isinya menyebutkan raja Pakuan Padjadjaran yang bernama Prabu Purana dinobatkan kembali dengan nama Sri Paduka Maharaja Ratu Haji dalam tahun yang tidak jelas karena ada huruf yang kosong, sehingga ada berbagai macam penafsuran Prasasti ini disimpan di tepi jalan raya Batutulis, Bogor, sekitar 2 km dari pusat kota.

KABUPATEN BOGOR

Kabupaten Bogor terletak berbatasan di wilayah Utara dengan DKI Jakarta, Kabupaten Bekasi dan Tanggerang, di wilayah Selatan dengan dengan kabupaten Sukabumi dan Cianjur, di wilayah Timur dengan Kabupaten Karawang dan di wilayah Barat dengan Kabupaten Lebak.

Kabupaten Bogor mencangkup luas 332.635 hektar yang dipergunakan untuk pemukiman, pertanian dan perhutanan, terletak pada kordinat 106o21’-107o31’ Bujur Timur dan 6o19’-6o47’ Lintang Selatan, dengan ketinggian mulai 50 meter hingga 3.000 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan bebas hambatan Jagorawi dalam waktu 30 menit. Sedangkan dari Bandung, Kabupaten Bogor dapat ditempuh dengan kendaraan beroda empat dalam waktu kurang dari 3 jam.

Kelembapan udara kurang lebih 40% dengan suhu rata-rata 26o C dan curah hujan rata-rata 3.500 mm hingga 4.00 mm per tahun.

OBYEK DAN TARIK WISATA

I. Taman Safari

Di Taman Safari Indonesia, marga satwa akan hidup bebas didalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Disini kita dapat menyaksikan secara akrab seluruh tingkah laku satwa liar dan jinak yang jumlahnya tidak kurang dari 400 ekor, diantaranya terdapat Lion, Tiger, Cheetah, American Black Cear, Brown Bear, Zebra American, Bison, Watussi, Lamma, African Elephant dan banyak lagi binatang langka yang dapat kita saksikan.

Kelebihan yang dimiliki taman margasatwa ini dibandingkan dengan taman margasatwa lainnya di Indonesia adalah kita dapat langsung melihat satwa liar dari dalam kendaraan yang kita tumpangi, dilengkapi juga dengan tempat rekreasi dengan fasilitas yang menarik.

II. Air Panas Ciseeng

Terletak di kecamatan Parung, 26 km dari kota Bogor, dapat dicapai oleh semua jenis kendaraan. Kita dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dengan kendaraan Bogor-Parung-Ciseeng.

Sebuah gunung kapur ditengah-tengah persawahan yang mengeluarkan air panas dengan kadar belerang yang sangat tinggi dimana dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.
Para pengunjung dapat naik ke atas pegunungan untuk melihat pemandangan alam sekitarnya dan dari jauh pegunungan terlihat seperti salju serta daerah sekitar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai daerah perkemahan.

III.Batu Tulis Ciarutuen

Batu Prasati dari jaman raja Purnawaman yang memerintah kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5 masehi, terletak di tepi sungai Ciaruteun, desa Ciampea, 9 km dari Bogor. Prasasti ini ditulis dengan huruf Palawa berbahasa Sansekerta. Perjalanan ke lokasi harus ditempuh dengan berjalan sejauh 2 km.

IV. Lido

Lido adalah salah satu tempat di Jawa Barat yang sangat terkenal dengan kecantikan alamnya. Danau alami yang membentang, dikelilingi aneka pepohonan dan areal karet yang menjadikan Lido sebagai tempat rekreasi yang mengesankan, letaknya di desa Cigombong/Wates Jaya, pada km 21 jalan raya Ciawi-Sukabumi dimana hanya dengan menghabiskan waktu 15 menit.

Di Lido kita dapat menikmati keindahan danau, bersampan, memancing ikan, renang, berkemah, billiard, kedai souvenir, dll.

V. Bogor-Cipanas

Tedapat berbagai obyek wisata yang ramai dikunjungi di daerah Ciawi, Cipayung, Cisarua, Cipanas dan Puncak. Daerah yang mempunyai fasilitas relreasi, hotel, villa, restoran, kolam renang, tempat berkemah, dll. Juga dapat dipergunakan pengunjung sebagai tempat konfrensi/seminar dan olah raga (gantole/hang gliding).

VI. Telaga Warna

Terletak di daerah Puncak dan merupakan tempat rekreasi. Warna ditelaga ini senantiasa berubah, kadang-kadang merah, kuning atau hijau. Kawasan Pariwisata Gunung Salak Endah Terletak di Kampung Lokapurna, Desa Gunung Sari, Kecamatan Cibungbulang. Pemandangan dan keindahan alam seperti air terjun, sumber air panas, kawah ratu dan telaga serta kesejukan alam pegunungan dapat dinimkmati. Fasilitas yang tersedia yaitu bungalow dan kolam renang air panas.

KABUPATEN CIANJUR

Secara geografis, Kabupaten D.T. II Cianjur terletak 106o42’-107o25’ Bujur Timur dan 6o21’-7o32’ Lintang Selatan. Kabupaten Cianjur ini di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta, di sebelah Timur dengan Kabupaten Garut dan Bandung dan di sebelah Selatan dibatasi Samudera Indonesia.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Cianjur sekitar 120 km, dan dapat ditempuh baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dalam hal makanan Cianjur terkenal dengan tauconya (makanan yang terbuat dari kacang kedelai), pepes ikan mas serta manisan dan buah-buahan dan sayuran. Sepanjang jalan raya daerah ini banyak sekali restoran-restoran dengan sajian berbagai jenis masakan Cina, Sea-food, Eropa dan Daerah.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

I. Kebun Raya Cibodas

Terletak di Desa Cimacan, yang jaraknya dari Bandung kira-kira 85 km, sedang dari Cianjur sekitar 23 km. Berlokasi disekitar lereng Gunung Gede pada ketinggian 1.500 m. Udaranya sejuk dengan suhu rata-rata 21o C dan luas seluruhnya 83 hektar. Kebun raya cibodas ini dibangun pada tahun1862 dan merupakan bagian dari kebun raya Bogor. Disini terdapat berbagai macam tumbuhan-tumbuhan dari berbagai negara di seluruh dunia. Di tempat ini terdapat pula area parkir yang cukup luas, kios-kios makanan dan tempat menjual tanaman hias.

II. Cagar Alam Gunung Gede

Berdampingan dengan kebun raya terletak Cagar Alam Gunung Gede, Gunung Gede ini merupakan satu rangkaian acara kunjungan remaja pecinta alam, dengan puncaknya setinggi 2.928 m, di Puncak Gunung Gede ini terdapat kawah yang menarik serta padang rumput/tegalan yang ditumbuhi bunga abadi/Edelweis yang merupakan daya tarik bagi pengunjung. Puncak yang lain adalah gunung Pangrango (3.019 m), Mandalawangi (3.002 m), Sukaratu (2.836 m), Gunung Gemuruh (2.928 m) kerap dikunjungi para pendaki gunung. Pada Cagar Alam Gunung Gede ini terdapat curug cibeureum, gua kelelawar dan sumber air panas.

Di pintu masuk ke Cagar Alam terdapat kantor penerangan “Wisma Cinta Alam”.

* Istana Cipanas

Terletak sekitar 17 km dari kota cianjur. Jaman dulu tempat yang terletak di kaki Gunung Gede ini berjarak 24 pal dari Buitenzorg (Bogor), dan jarak dari Batavia (Jakarata) ke Buitenzorg saja ditempuh dengan kereta kuda dalam waktu setengah hari, apalagi ke Cipanas yang letaknya lebih jauh. Tapi sekarang Istana Cipanas dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu kira-kira 2 jamdari Jakarta, dan waktu yang sama dari Bandung. Istana ini pernah digunakan Bung Karno sebagai tempat mencari ilham untuk menyusun pidato-pidato kenegaraan yang disampaikan setiap tanggal 17 Agustus. Istana ini walaupun jarang dipakai tetap terpelihara dengan baik, dan dapat dikunjungi umum dengan perijinan khusus. Di Istana terkumpul kurang lebih 300 buah lukisan indah hasil karya pelukis-pelukis Indonesia.

Selamat menikmati weekand anda.

Your Reply

LiVe MusT Go On