Tips Untuk Bibir Sehat


.


Bibir Tetap Sehat Saat Berpuasa

Pada saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa, maka konsumsi air akan berkurang, sehingga membuat bibir pecah-pecah dan kering. Yang menyebabkan bibir Anda kering dari dalam adalah kurangnya konsumsi buah dan sayuran.

Cairan dalam tubuh dapat berkurang karena kebiasaan yang sering Anda lakukan, seperti kurang minum air putih dan gaya hidup yang tidak sehat yaitu merokok, minum alkohol dan kopi.

Sedangkan penyebab bibir kering dari luar itu karena perubahan suhu, sehingga bibir tidak dapat beradaptasi. Contohnya seperti polusi udara dan pasta gigi yang banyak mengandung detergen, serta menggunakan kosmetik dengan bahan kimia yang terlalu keras.

Biasanya, pada bulan Ramadan konsumsi air berkurang, karena umat Islam diwajibkan berpuasa. Kurangnya mengkonsumsi air, maka bibir akan kehilangan kelembabannya. Sehingga bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan masker bibir.

Anda tidak perlu menggunakannya setiap hari, tapi masker bibir efektif untuk melembabkan kulit bibir, memberikan rasa sejuk, memberi nutrisi, bahkan akibat dari merokok yang membuat bibir kering dan pecah-pecah. Paling tidak Anda menggunakan masker bibir 1-2 kali sebulan.


Langkah-langkah yang harus dilakukan saat menggunakan masker bibir :

Bersihkan bibir untuk mengangkat sisa-sisa lipstik, lipgloos, debu dan kotoran. Lalu oleskan masker bibir selama kurang lebih 30 menit. Anda akan merasakan bibir akan menjadi lembut, kenyal, dan lembab. Produk masker lebih aman daripada memakai scrub, sebab menggunakan scrub dapat menimbulkan efek iritasi, daripada menggunakan masker.

Ditambah dengan banyak minum air putih 8 gelas sehari, agar bibir selalu terlihat lembab dan merah alami. Jangan suka menggunakan lipstik berulang kali dan kalau bibir terasa kering jangan menggunakan air liur, tapi lebih baik dengan air putih. Karena air liur mengandung enzim yang akan membuat lapisan luar bibir menjadi iritasi.

Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti mangga dan jeruk, tapi jangan sering makan makanan yang berminyak. Gunakan juga lipbalm dan antiseptic sehari-hari, untuk membuat bibir terasa lembab. Dengan begitu bibir akan selalu sehat, walau saat berpuasa.

Your Reply

LiVe MusT Go On