MY BELOVED HIGH HEELS


.


My Beloved High Heels merupakan kalimat yang wajar terucap dari mulut wanita. Banyak wanita yang cinta setengah mati pada high heels.

Sayangnya seppatu yang membuat penampilan kita sempurna ini menyimpan potensi yang bahay juga lokh!!

Tapi jangan khawatir disini kita akan temukan solusinya.

Tidak dapat diragukan lagi sepatu yang berhak tinggi membuat kaki terlihat jenjang dan seksi. Tidak heran kalau banyak ahli konsultan kecantikan menyarankan memakai high hels untuk mengubah penampilan dalam sekejab. Tapi sebenarnya kaki adalah bagian tubuh yang paling menderita ketika kita m memakai high heels. Sebab, kaki dipaksa berada pada posisi yang tidak normal. Makanya, masalah kesehatan mengintai di balik high heels.

CEDERA OTOT

Pemakaian high heels setiap hari bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan kaki, antara lain lapisan kulit yang menebal atau kapalan, yang biasa terjadi pada ujung jari-jari kaki atau samping kaki. Kaki bengkak bisa jadi meradang, beban tubuh terpusat di kaki bagian tumit, dan stress pada kaki. Selain itu juga high heels menyebabkan cedera pada otot kaki, nyeri sendi punggung, sampai pada masalah yang lebih kompleks, seperti sakit pada tulang telapak kaki yang bertambah parah setiap tahunnya.

KAKI DAN PENUAAN

Selain karena factor sepatunya, factor lain penyebab masalah kaki adalah penuaan. Menurut ahli penyembuhan masalah kaki, semakin bertambahnya umru, maka kaki akan menjadi lebih lebar dan panjang. Bantalan kaki di tumit dan ujung kaki pun akan menipis. Selama bertahun-tahun kita biasanya berjalan dengan posisi alamiah. Efeknya akan memperkuat kaki dan tumit. Namun, ketika seorang wanita memakai sepatu hak tinggi (5cm atau bahkan lebih), maka kakinya tidak lagi menahan beban secara merata dan akan sulit menjaga keseimbangan.

KATAKAN “TIDAK” UNTUK HIGH HEELS

Jangan langsung parno dan tidak berani menggunakan high heels. Kita masih bisa menggunakan heels tapi ada batasannya. Kalau setiap hari kita menggunakan heels dan telah berlangsung selama bertahun-tahun itu yang tidak boleh. Heels sah-sah saja dipakai tapi sebaiknya hanya untuk acara tertentu, supaya terhindar dari sresiko masalah kesehatan. Lebih baik kita menggunakan sepatu yang nyaman seperti keds atau sepat santai dari dan menuju kantor Memakai heelsnya setelah sampai di kantor.

Selain itu batasi tinggi hak high heels. Sehingga tidak terjadi tarikan keras pada urat kaki saat berjalan.

Ada yang bisa kita lakukan untuk menjaga kaki agar tetap sehat.

TREAT YOUR FEET

Jika kaki bisa bicara, mungkin ia akan mengajukan protes karena begitu tersiksa dengan high heels yang kita pakai. Luangkan waktu senggang di rumah untuk memanjakan kaki dengan langkah praktis, yaitu :

  1. Potong dan ratakan kuku agar terlihat rapi.
  2. Rendam kaki dengan air suam-suam kuku yang telah dicampur dengan bath gel, beberapa minyak zaitun dan garam secukupnya selama 5-10 menit untuk melepaskan otot kaki dan melembabkan kutikula kuku.
  3. Gosoklah kaki perlahan dengan batu apung, atau menggosok khusus untuk tumit kaki.
  4. Usapkan krim untuk melembapkan kaki, terutama pada bagian yang pecah-pecah. Lakukan pijatan ringan pada kaki yang bertujuan relaksasi.
  5. Salah satu cara menguranmgi rasa sakit dari pemakain high heels adalah degan melakukan olahraa otot kaki. Misalnya mengambil selembar kertas denga ibu jari atau berjalan di permukaan tidak rata.

THE RIGHT HEIGHT

Selain itu, untuk menghindari cedera kaki, perhatikan hal-hal penting dalam membeli high heels, berikut ini:

UKURAN. Pastikan ukuran high heels benar-benar pas saat dipakai. Tidak kekecilan ataukebesaran. Sepatu yang kekecilan atau kebesaran akan membuat kulit kakitergesek-gesek dan menjadi pecah-pecah.

JANGAN PERCAYA OMONGAN “NANTI JUGA MUAT”. Sepatu haruslah langsung nyaman ketika digunakan. Jangan membeli sepatu dengan anggapan bahwa nanti setelah dipakai beberapa lama akan muat.

HAK TEBAL. Sebaiknya pilih high heels dengan hak tebal karena lebih aman disbanding yang runcing. Hak tebal dapat menopang seluruh tubuh dengan seimbang.

JARI KAKI TERBUKA. Pilihlah high heels dengan model jari-jari kaki yang terbuka untuk meringankan tekanan.

KULIT LEMBUT. Bahan dan model sepatu berpengaruh penting dalam hal kenyamanan. Pilih sepatu dengan bahan yang bisa “bernafas” dan tidak kaku, misalnya kulit.

MALAM HARI. Beli high heels diwaktu malam. Karena pada sore dan malam hari kaki akan melebar akibat pemakaian seharian.

JANGAN AMBIL RISIKO. Jika high heels yang kita coba terasa kaku, jangan ambil risiko dengan membelinya karena yakin sepatu tersebut lama-lama akan lentur dan nyaman. Karena ini akan menyebabkan kaki kita sengsara.

RUTIN PERIKSA. Bukan hanya kesehatan yang perlu rutin diperiksa, ukuran sepatu pun perlu check up setiap dua tahun sekali. Karena semakin hari kaki akan bertambah panjang dan lebar.

Adapun manfaat yang kita peroleh dari menggunakan high heels yang paling utama adalah membuat kita PEDE dalam melangkah.

Beberapa tips ini membantu kita berjalan lebih tinggi, seksi dan mengurangi rsa sakit saat mengenakan high heels.

·Lurus dan tidak melipat. Pastikan jari-jari kaki tetap lurus dan tidak melipat. Biasanya saat memakai high heels, secara tidak sengaja jari kaki melipat untuk menahan tumpuan. Sehingga akan membuat jari kaki sakit dan kaki menjadi pegal karena menahan beban.

·Melangkah perlahan. Setiap melangkah,usahakan tumit yang menyentuh tanah terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan bagian yang lain. Melangkah perlahan dan hati-hati.

·Ayunkan tangan. Saat melangkah ayunkan tangan untuk menjaga keseimbangan.

·Pendek-pendek. Ambil langkah pendek-pendek. Jangan membuat jarak anatara kedua kaki terlalu lebar karena dapat mengganggu keseimbangan.

·Hindari medan kulit. Jangan memakai high heels di atas jalan berkerikil atau bergelombang karena dapat mengganggu keseimbngan.

·Istirahatkan kaki. Cobalah untuk mengurangi berdiri atau berjalan. Istirahatkan kaki kapanpun kita bisa.


Your Reply

LiVe MusT Go On