Merawat Laptop Dengan Baik


.

Laptop merupakan barang elektronik dan merupakan barang pribadi yang sangat sensitive dan perlu perawatan khusus untuk menjaga agar laptop tetap awet. Bagi yang memiliki sebuah laptop, tentu saja akan berbeda cara merawatnya dengan sebuah PC/komputer. Secara umum, merawat software sama saja, namun untuk fisiknya perlu penanganan khusus. Laptop memiliki dimensi lebih kecil serta arstitektur yang lebih rentan dibandingkan computer/PC.

Tapi dari sekian banyak pengguna laptop tidak semua mengerti cara menjaga dan merawat laptop. Jadi meskipun untuk membelinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit tapi terlihat kotor dan tak terawat. Kita juga harus rajin tidak boleh malas untuk menjaga ataupun merawat laptop.

Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa kita pelajari :
1.Membersihkan Keyboard
Keyboar laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran.

2.Mengelap Layar
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

3. Baterai Laptop
Laptop digunakan untuk mendukung kegiatan dengan mobilitas tinggi, tak jarang pengguna tidak dapat menemukan sumber listrik untuk laptopnya. Untuk itu faktor baterai sangat berperan dalam hal ini. Karena baterai akan menjadi satu-satunya sumber tenaga yang bisa diandalkan. Biasanya ukuran/jumlah cell pada baterai akan mempengaruhi daya tahan dari power yang mampu disimpan, semakin besar/banyak jumlah cell pada baterai semakan lama pula laptop akan menyimpan power yang dapat digunakan laptop.
Jika laptop hanya digunakan di satu tempat (layaknya desktop/pc) artinya laptop tidak pernah digunakan/dibawa-bawa keluar rumah atau kantor dan laman penggunaan lebih dari dua jam lebih baik pengguna laptop melepas baterai dan menggunakan power langsung dari sumber listrik. Hal ini akan memperpanjang usia baterai karena tidak selalu dalam keadaan diisi(baca : charge), karena dari salah satu distributor laptop di Indonesia saya pernah mendapat informasi bahwa usia baterai itu ditentukan salah satunya oleh jumlah pengisian kembali (charge). Misalkan usia baterai akan habis / baterai harus diganti pada kondisi baterai telah mengalami proses pengisian kembali (charge) seribu kali, kalaupun baterai tidak akan mati total biasanya akan mengalami kebocoran terlebih dulu.
Untuk para commuter disarankan memiliki baterai cadangan, jadi jika salah satu baterai habis kita bisa menggunakan baterai yang lainnya dengan catatan baterai cadangan telah dicharge terlebih dahulu.
Jika listrik tidak stabil alangkah lebih baik jika menggunakan stabilizer listrik untuk laptop Anda. Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik tanpa baterai, dan jangan paksakan baterai dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge jangan sampai menunggu mati karena power baterai habis. Kalau bisa ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda.

4.Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.

5.Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas kibor sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
6.Case Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
7.Penyimpanan Laptop
Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

8.Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.
9. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Tempat Tidur
Laptop memiliki sirkulasi pertukan udara diberbagai bagian bodynya. Sebagian ada yang berada di bagian bawah. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa dsb, bagian sirkulasi bawah akan tersumbat. Tentu saja ini tidak baik untuk kelangsungan kerja ketika sedang berjalan maupun umur laptop anda.

10. Penggunaan Laptop
Yang harus diperhatikan dalam merawat laptop adalah bahwa laptop jangan sekali-kali kita samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk laptop kalau bisa jangan sampai dipake berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain digunakan berjam-jam kalau laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja nah kalau ada komputer desktop lebih baik gunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor dan sejenisnya.
Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal. Kalaupun anda memang harus pindah tanpa menutup aplikasi yang sedang anda gunakan sebaiknya laptop anda matikan (hibernate/standby) sehingga pada saat anda hidupkan kembali maka aplikasi yang tadi anda gunakan tidak akan hilang.
Gunakan software-software yang aman dari virus (gunakan linux jika terbiasa) agar kita tidak selalu dipusingkan dengan install ulang dikarenakan selalu kena virus. Atau selalu gunakan anti virus yang baik dan pastikan bahwa anti virus anda selalu ter-update secara berkala agar dapat mengenali jenis virus terbaru.
Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver laptop anda tersebut.
Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Terkadang banyak software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop jika sembarangan menggunakan software dari internet. Jika tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah discan software tersebut dengan antivirus yang anda miliki.
Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Hal ini semata-mata untuk mencegah kemungkinan perlakuan kasar apabila kita meminjami orang yang kebetulan teledor.
11. Service Laptop
Laptop telah dirawat dan digunakan dengan baik, hanya saja bukan berarti laptop lepas dari kerusakan. Jika ini yang terjadi maka bawalah laptop ke tempat service yang memang benar-benar qualified. Laptop tidak seperti desktop yang mungkin bisa kita mintakan repair ke service di pinggir jalan. Usahakan bawa laptop ke service center bahkan jika masih garansi jangan berupaya untuk merepair sendiri. Bawa saja ke service center laptop yang dibeli. Bagaimana jika service center-nya tidak ada?, cari informasi yang akurat dimana saja tempat terdekat di kotamu yang bisa merepair laptop dengan bagus.
Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.
12. Backup Data
Ini diluar dari tips merawat laptop tapi karena di dalam laptop banyak data yang penting dan besar, maka back-up secara berkala itu penting. Jangan sampai dipusingkan dua kali dengan rusaknya laptop juga hilangnya data. Lakukan back-up secara berkala untuk menghindari kehilangan data secara total. Biasakan membagi dua atau lebih partisi hard disk sesuaikan dengan kebutuhan kita, misalkan kita memiliki kapasitas hard disk 80 giga kita jadikan dua partisi maka kita bisa menggunakan partisi pertama untuk sistem operasi sedang partisi lainnya untuk khusus menyimpan data. Sehingga jika ada kerusakan pada sistem operasi kita tidak takut data yang kita miliki akan hilang jika laptop harus di install ulang.

Selamat mencoba. Tetap jaga laptop anda dengan baik. Agar tidak cepat rusak, karena harga laptop tidak murah.

Your Reply

LiVe MusT Go On