.

Hasil Analisa Design Web KOMPAS.COM


Nama Anggota Kelompok :
1. Alghazali Akbar (10107143)
2. Agustina Dewi (10107093)
3. Andi Adrian S. (10107164)
4. Astri Kusumawati (10107284)
5. Ira Awaliya (10107913)
6. Mitra Rinaldi Noor (11107895)
7. Muhammad Kresno (10107985)



Universitas Gunadarma
2009

Isi Textual

Web kompas adalah salah satu web yang memuat berita‐berita terkini tentang kejadian‐kejadian penting yang ada. Kebanyakan berita nya terdapat dari dalam negeri. Selain berita‐berita, web kompas juga menyajikan informasi‐informasi penting bagi pembacanya. Di bawah ini merupakan gambar dari halaman utama website www.Kompas.com.


Isi adalah bagian yang sangat spesifik, dianjurkan untuk memuat suatu informasi yang sesuai pada halaman suatu situs berdasarkan temanya. Membaca informasi dalam halaman situs membuat para pengguna situs menjadi lebih canggung dan lebih lambat dari monitor dibanding dari membaca melalui media catatan/kertas. Maka dibuatkanlah bagi para penguna situs tulisan untuk mengisi halaman web atau header dari halaman situs, selain itu dibuatkan juga highlights untuk menyoroti teks atau paragraph yang dibaca atau yang terpilih.
Hasil analisa :
Pada halaman utama web Kompas memiliki isi/konten yang baik tetapi cara menyajikanya kurang baik. Mungkin ini disebabkan karena web ini dikategorikan sebagai web dinamis, jadi yang terpenting dari web ini bukan tampilan yangmenarik melainkan fokus utamanya adalah terletak pada berita‐berita yang disajikanya saja.

Web Kompas memiliki isi textual yang spesifik dan sesuai dengan informasi yang ingin diberikan kepada masyarakat. Selain itu juga berita‐berita yang disajikan sangat uptodate.

Berikut ini adalah salah satu contoh penyajian berita yang pada web Kompas.

Desain Grafis
1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen‐elemen visual dengan item‐item yang berkaitan.
Hasil analisa :
Pada web Kompas terdapat unsur metafora. Bentuk matafora yang digunakan adalah berupa flash objek iklan yang dibuat dengan menggunakan media flash, teks dan ada juga yang berbentuk slide gambar kejadian suatu topik berita. Objek‐objek tersebut menghubungkan kita pada halaman dari objek yang kita pilih.


2. Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki banyak clarity yang baik. Setiap elemen‐elemen yang ada di dalam web Kompas baik gambar dan teks ditujukan agar para pembaca berita mudah mendapatkan informasi yang dicarinya. Biasanya berita‐berita yang baru akan dimuat di depan sebagai berita headlines. Dan di web ini juga ada tab yang mengkategorikan berita yang terpopuler dan terkini. Jadi para pembaca dapat melihat berita sesuai dengan berita yang mereka pilih. Di dalam web kompas juga terdapat banyak banner iklan sebagai sponsor dan jika kita mengklik akan menuju objek tersebut. Di bawah ini merupakan contoh gambar halamanya.


3. Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki konsistensi yang baik dalam tampilan, pewarnaan maupun gambar. Salah satunya terdapat konsistensi pada frame, setiap halaman mempunyai jumlah dan bentuk frame yang sama.


4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya dimulai dari kiri atas (left alignment). Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
Hasil Analisa :
Pada web Kompas sebagian besar menggunakan perataan kiri untuk setiap objek yang ada di dalamnya.


5. Proximity
Item‐item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item‐item tersebut.
Hasil Analisa :
Pada web kompas unsur Proximity nya sangat diperhatikan oleh pembuat web. Karena item‐item yang ditampilkan saling berhubungan diletakan saling berdekatan. Bahkan pembuat web sudah mengkategorikan berita atau informasi kedalam lingkup pembahasan tertentu ke dalam tab‐tab masing‐masing topik pembahasan. Misalkan saja informasi tentang kesehatan. Didalam informasi ini sudah disediakan topik‐topik khusus yang menginformasikan tentang kesehatan. Jadi pembaca tidak perlu bingung‐bingung jika ingin mencari berita yang mereka inginkan.


6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men‐set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.
Hasil Analisa :
Tampilan contrast pada web kompas kurang menarik. Karena hampir tidak ada unsur contrast yang digunakan. Semua kontras dalam web ini hampir sama yaitu warna putih saja. Seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya bahwa web ini merupakan web
dinamis yang selalu menglami perubahan setiap waktu maka web ini tidak menonjolkan design yang menarik. Yang terpenting adalah isi dari web ini saja.


Navigasi
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
‐ Tabel Index (Peta Lokasi)
‐ Index
‐ Navigasi
‐ Fasilitas Pencarian (Search)
Hasil Analisa :
Pada web kompas terdapat unsur navigasi. Unsur navigasinya adalah fasilitas search yang digunakan untuk mecari berita‐berita yang kita inginkan. Kita cukup mengetikan berita yang ingin di baca dan web pun akan memberikan pilihan‐pilihan beritanya. Selain itu terdapat navigasi yang lainya yaitu terdapat index berita yang di sajikan oleh web ini. Hal ini dapat memudahkan kita dalam memilih berita yang ingin dibaca.



Ini adalah fasilitas Navigasi Search yang ada di web Kompas

Sturktur Navigasi
Struktur navigasi merupakan suatu hubungan seperti pohon faktor, banyaknya halaman dan jumlah dari link‐link yang ada pada suatu web site. Struktur dapat berupa linier hierarki, non‐linear, dan composite. Sturktur navigasi dari halaman utama sangat penting namun struktur dasar untuk semua halaman page yang lain juga penting. Ini mungkin dapat terlihat lebih jelas dalam suatu waktu.


Link
Tingkat keberhasilan suatu link tergantung pada:
Seberapa baik pengguna interface situs dapat meramalkan arah dari link.
Seberapa baik pengguna interface situs dapat membedakan antara link yang satu dengan link yang lain yang menghubungkannya.
Isi yang sesuai pada akhir link.

Hasil Analisa :
Pada web kompas, link sesuai dengan yang ditargetkan dan memberi kemudahan dalam memberikan informasi antar halaman. Setiap topik berita dapat menghubungkan dengan berita yang berkaitan dengan bacaanya.

Your Reply

LiVe MusT Go On