Hari Pahlawan


.


Hari Pahlawan
Oleh Agustina Dewi C

Memperingati Hari Pahlawan dengan semangat juang tinggi, solidaritas dan cinta tanah air sangatlah penting. Jangan sampai kita membuat para pahlawan kita menyesal dan menangis dalam kubur mereka karena kita semua telah menyia-nyiakan kemerdekaan yang telah beliau perjuangkan untuk kita dan demi bangsa kita. Bukanlah bangsa dan negara yang macam sekarang ini yang mereka cita-citakan ketika mereka bersedia mengorbankan diri dalam medan pertempuran. Kondisi bangsa kita yang saat ini, seolah akan hancur karena ulah para rakyatnya sendiri.

Sekarang ini, negeri kita Indonesia sedang terpuruk citranya di muka dunia. Bukan negeri dengan kondisi seperti ini yang dicita-citakan oleh ratusan ribu (bahkan mungkin jutaan) pahlawan kita, yang dalam barisan panjang dan berliku-liku telah berbondong-bondong bersedia mengorbankan diri, demi kita semua dan demi anak-cucu kita. Apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengenang semua jasa mereka? Untuk mengenang apa yang beliau lakukan untuk kita dan tanah air kita? Sangat mudah, kita bisa melakukan sesuatu hal dari yang terkecil lebih dahulu. Misalnya “kita tidak melupakan bahwa Hari Pahlawan itu ada dan kita harus memperingatinya dengan cara apapun”. Dengan kita mengingat semua jasa para pahlawan yang telah merelakan nyawanya untuk membela bangsa kita, mungkin kita terdorong untuk membuat maju bangsa kita dan memperbaiki semua kekurangan dan kesalahan yang ada saat ini.
Kita juga bisa menjadi pahlawan seperti para pejuang yang telah gugur di medan perang. Apapun hal yang baik dan positif saat ini yang dapat kita lakukan untuk memajukan bangsa. Menghapus keterpurukan bangsa kita di mata dunia. Menjadikan bangsa kita bangsa yang kokoh dan merdeka. Misalnya saja memberantas semua KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) di negeri kita, membenarkan yang benar dan menghukum apapun itu yang salah.

Kenapa bisa disebut Hari Pahlawan??
Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.
Dengan tekad bersama untuk menjunjung tinggi-tinggi semangat revolusioner dalam mengabdi kepada kepentingan rakyat, marilah kita sambut peringatan Hari Pahlawan !

One Response to “Hari Pahlawan”

  1. selamat hari pahlawan !! :D
    biar kan nyalanya benar2 membakar :D

Your Reply

LiVe MusT Go On