BAB 1 PENDAHULUAN


.

1.1 Latar Belakang Masalah

Berkembangnya era otonomi daerah dewasa ini memacu seluruh daerah di Indonesia untuk menggali seluruh potensi yang ada, baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan potensi objek wisata yang dapat mendatangkan keuntungan tersendiri bagi daerah yang dapat memanfaatkan dengan maksimal. Salah satunya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki kebudayaan beraneka ragam, seperti objek wisata, bahasa daerah, makanan khas daerah, kerajinan dan kesenian daerah.

Namun sebagian masyarakat belum mengetahui kebudayaan D.I Yogyakarta, dikarenakan media informasi yang ada masih belum dapat memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi dan daya tarik kepada masyarakat yang awam. Media penghubung yang digunakan sebagai penyampaian informasi pada saat ini hanya terbatas pada media cetak yang kurang maksimal.

Maka dengan memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia informasi kebudayaan D.I Yogyakarta dapat disampaikan dengan menggunakan cara yang mudah dan menarik yaitu dengan membuat CD interaktif. Dengan tujuan memperkenalkan kebudayan dan objek wisata D.I Yogyakarta kepada para wisatawan domestic dan manca negara.

Atas dasar tersebut penulisabn ilmiah ini mengambil judul “APLIKASI PARIWISATA PROPINSI D.I YOGYAKARTA MENGGUNAKAN GIS (Sistem Informasi Geografis)”.


1.2. Batasan Masalah

Aplikasi multimedia ini berisikan tentang informasi kebudayaan D.I. Yogyakarta meliputi objek wisata, bahasa daerah, makanan khas, kerajinan dan kesenian derahnya. Dengan menampilkan gambar dan deskripsi singkat tentang kebudayaan D.I. Yogyakarta.


1.3. Tujuan Penulisan

Pada penulisan ilmiah ini bertujuan membuat aplikasi CD interaktif yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang awam tentang kebudayaan D.I. Yogyakarta dengan cara yang lebih menarik. Sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kembali bagi masyarakat khususnya warga Negara Indonesia agar bisa mencintai kembali budaya daerahnya.


1.4 Metode Penulisan

Metode penulisan yang akan digunakan dalam penulisan ilmiah ini berupa studi pustaka dengan mengumpulkan data sebagai komponen dan elemen dasar yang dibutuhkan. Data tersebut meliputi gambar, artikel berupa teks yang didapat dari internet dan buku mengenai aplikasi GIS.


1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang digunakan pada penulisan ini terdiri dari 4 (empat) bab.
Dengan rincian sebagai berikut :

Bab 1 : Pendahuluan
Menjelaskan deskripsi singkat mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

Bab 2 : Landasan Teori
Bab ini berisikan tentang teori-teori pembuatan aplikasi multimedia dan struktur navigasi.

Bab 3 : Pembahasan
Bab ini berisi mengenai langkah-langkah untuk pembuatan desain tampilan, struktur navigasi, pembahasan rancangan dan tahapan-tahapan dari awal pembuatan aplikasi multimedia.

Bab 4 : Penutup
Bab ini berisi tentang kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembuatan aplikasi multimedia yang telah dibuat dan saran yang dapat diberikan dalam pembuatan aplikasi multimedia ini terhadap masalah yang ditemukan agar memperoleh solusi yang tepat.




Your Reply

LiVe MusT Go On