Kesehatan (Kulit Awet Muda Berkat Kedelai)


Kulit Awet Muda Berkat Kedelai

Siapa pun tahu bahwa kedelai adalah kacang-kacangan yang berprotein tinggi. Yang mungkin belum banyak orang tahu kedelai adalah sumber utama isoflavon yang telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat kulit tetap awet muda.


Menurut Profesor Deddy Muchtadi, Ahli Ilmu Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor, ekstrak protein dalam kedelai mengandung estrogen dalam bentuk zat isoflavon atau disebut dengan phytoestrogen.

"Dampak mengonsumsi phytestrogen kerutan di kulit akan berkurang. Sama dampaknya seperti hasil terapi hormon untuk mengurangi penuaan kulit," papar Prof. Deddy dalam acara media forum tentang kedelai beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dalam sebuah penelitian laboratorium yang dilakukan oleh peneliti Jepang, Masayuki Arii, terhadap 26 wanita berusia 30-40 tahun, diketahui konsumsi isoflavon selama tiga bulan terbukti mampu menahan kondisi kerutan tidak menjadi parah serta memperbaiki kekenyalan kulit.

Selain berperan mengganti estrogen, kedelai juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh terhadap timbulnya kanker sebab menetralkan radikal bebas, yang berasal dari lingkungan terpolusi. "Estrogen yang cukup juga bisa membantu kesuburan.

Tergantung Olahan

Untuk menjamin sel-sel tubuh kita mendapat pasokan isoflavon, maka sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang berbasis kedelai setiap harinya.

Selain tempe, tahu dan susu kedelai, belakangan ini semakin banyak makanan yang berbahan dasar kedelai. Menurut Deddy, jumlah isoflavon dalam kedelai bervariasi, tergantung cara pengolahannya.
"Tepung kedelai dan kedelai panggang mengandung isoflavon tertinggi, jauh lebih tinggi daripada tempe, tahu, atau susu kedelai," ujar Prof. Deddy. Apalagi isoflavon dalam kedelai bisa rusak jika produk kedelai diolah dengan cara digoreng.

Orang Jepang merupakan pengonsumsi kedelai paling tinggi di Asia. Rata-rata mereka makan kedelai sekitar 31 gram setiap harinya. Berbagai produk kedelai sangat digemari di sana. Misalnya edamame (kedelai rebus) yang biasa dijadikan camilan.

Camilan kedelai lainnya yang kini baru beredar di Indonesia adalah SoyJoy yang mengandung 8-9 mg isoflavon. "Selain mengandung 100 persen tepung kedelai, camilan ini juga sehat karena terbuat dari buah-buahan," kata Product Marketing Manager Soyjoy, R. Suhendar.

Komentar

Postingan Populer