Pemicu Siklus Haid Tidak Lancar


.


Pemicu Haid Tidak Teratur

Untuk para wanita pasti gelisah kalau siklus haid tidak teratur.Dan itu merupaka satu masalah besar yang tidak bisa dianggap enteng. Siklus haid kita tidak teratur itu pasti ada penyebabnya, untuk menanggulangi masalah tersebut kita harus tahu apa yang menyebabkan haid kita tidak teratur agar kita bisa mengobatinya.

Ada beberapa hal penyebab siklus haid tidak teratur :

1. Obat Alergi

Mengkonsumsi obat alergi dapat menjadi salah satu pemicu bagi ketidakteraturan siklus haid. Hal ini dikarenakan obat alergi biasanya mengandung steroid. Steroid yang dikonsumsi secara oral memang dapat menekan munculnya alergi dan meningkatkan sistem imunitas namun bisa menghambat siklus haid Anda.

2. Racun

Tanpa Anda sadari, lingkungan tempat Anda hidup bisa saja sudah terpapar racun ataupun tercemar. Padahal racun bisa mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan ketidakteraturan siklus haid. Untuk mengurangi paparan racun dari lingkungan ini, perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi dan kurangi mengkonsumsi makanan kaleng dan cepat saji.

3. Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol terkenal sebagai pemicu penyakit kronis jangka panjang seperti jantung dan paru-paru. Demikian juga terhadap sistem reproduksi wanita. Racun dari rokok berdampak negatif pada indung telur (ovarium) dan sistem sirkulasinya. Tak heran jika didapati pada wanita perokok, menopause akan terjadi dua tahun lebih cepat bila dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

Alkohol pun memiliki pengaruh yang tidak jauh berbeda. Wanita yang minum alkohol lebih dari lima kali dalam seminggu akan menyebabkan kesuburan yang menurun dan siklus haid yang tidak teratur. Polifrnol dalam anggur merah memang baik bagi kesehatan tetapi tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan.

4. Berat Badan dan Lemak yang Kurang

Badan yang terlalu kurus juga dapat menjadi pemicu siklus haid yang tidak teratur. Apalagi jika lemak dalam tubuh kurang dari 15% bobot tubuh. Kadar lemak yang kurang akan membuat kadar leptin dalam darah menurun dan berpengaruh pada ketidakstabilan hormon dan membuat haid menjadi tidak teratur.

Your Reply

LiVe MusT Go On