Port


.

Pengertian Port

Port adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data.

Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu :

  1. Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll
  2. Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet

Port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet salah satunya adalah port80.

Kerawanan Port80

World Wide Web ( www ) merupakan bagian dari Internet yang paling populer, sehingga serangan paling banyak terjadi lewat port 80 atau yang dikenal sebagai web hacking, berupa deface situs, SQL injection, serta memanfaatkan kelemahan scripting maupun HTML form.

ARTIKEL INI DIANGKAT DARI BAHAN SEMINAR SECURITY dari crew Jasakom. Bicara mengenai web hacking, artikel ini membahasnya dengan pendekatan 5W+1H ( What,Who,Why,When, and Where + How ).

WHAT: Apa itu Web Hacking?

Web hacking…, bukan hal baru lagi bagi jawara internet ( hacker ) baik aliran putih maupun aliran hitam ( cracker ). Apakah yang dimaksud dengan web hacking? Untuk mendapatkan definisi kedua kata tersebut ( web dan hacking ) juga sebenarnya lumayan pusing. Secara semantik, web didefinisikan menjadi Data yang direpresentasikan di world wide web ( Tim Berners-Lee, James Hendler, Ora Lassila. Scientific American,May 2001). Adapun hacking didefinisikan menjadi Tindakan di luar otoritas atau tindakan mematahkan/membobol mekanisme keamanan sebuah sistem informasi atau sistem jaringan.

(http://www.tsl.state.tx.us/ld/pubs/compsecurity/glossary.html ) . Jadi, singkatnya web hacking dapat diartikan Tindakan menerobos mekanisme keamanan dari suatu sistem yang direpresentasikan dalam world wide web.

WHO: Siapa yang Melakukan Web Hacking?

Menerobos mekanisme keamanan suatu jaringan, bukanlah tindakan yang gampang untuk dilakukan. Jadi, siapakah pelaku web hacking tersebut? Seiring perkembangan internet yang benar-benar pesat dan diiringi perkembangan security dan underground, membuat siapa saja dapat menjadi pelaku. Tidak ada keharusan bahwa pelaku web hacking adalah orang yang pintar komputer dan internet, atau lain sebagainya.

WHY: Mengapa Melakukan Web Hacking?

Jika semua bisa menjadi pelaku web hacking, tentu Ada alasan jika sampai melakukannya dan pertanyaan adalah Mengapa? Jika pertanyaannya adalah Mengapa, biasanya jawabannya adalah Karena. Ada banyak alasan orang melakukan web hacking, diantaranya adalah:

1. Wanna Be A Hacker ( ingin menjadi seorang hacker ).

2. Mendapatkan popularitas.

3. Ingin mendapat pujian.

Alasan-alasan tersebut di atas cukup bisa dicerna logika.

WHEN and WHERE: Kapan dan Dimana?

Internet merebak harum di Indonesia, bisa dikatakan mulai pada hitungan tahun 90-an. Internet yang sebelumnya merupakan sebagai hal yang mustahil untuk dirasakan oleh rakyat kelas bawah, semakin terjangkau dengan larismanisnya bermunculan warnet (warung internet). Ada ujaran yang mengatakan Kejahatan ada karena ada kesempatan. Ujaran tersebut mungkin belum dapat ditujukan kepada pelaku web hacking. Dengan banyaknya kehadiran warnet bahkan ada yang buka 24 jam, membuat web hacking dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa harus menunggu waktu.

HOW: Bagaimana Web Hacking Dilakukan?

Bagaimana seseorang melakukan web hacking? Internet sudah hampir menjangkau segala sisi kehidupan yang ada di dunia ini. Informasi mengenai web hacking dapat anda temukan dengan berselancar ke Google. Google, search engine yang terkenal menjawab pertanyaan Bagaimana. Dengan memasukkan kata (keyword) pada baris isian pencarian maka anda akan dibawa ke tempat-tempat yang berhubungan dengan web hacking. Anda tinggal memilih dan menyaringnya.

Seperti yang telah disinggung di atas, pelaku web hacking dapat siapa saja dan tanpa ada syarat-syarat tertentu. Hal ini disebabkan karena di internet terdapat banyak informasi yang dapat diperoleh termasuk mengenai soal web hacking. Informasi dapat berupa tutorial, tools, dan lain sebagainya hingga akan membuat web hacking benar-benar mudah untuk dilakukan.

Hal-hal yang dapat disimpulkan :

• Hacking meliputi semua unsur dan tidak hanya pada satu sisi sistem operasi.

• Tidak semua bug di ketahui pembuat software.

• Kesalahan konfigurasi adalah masalah umum yang disebabkan penguasaan yang kurang atas suatu sistem.

• Menjadi hacker itu mudah; hanya menggunakan tools yang dibuat oleh hacker luar ( script kiddies ).

• Tidak diperlukan pengertian akan network, TCP/IP, Assembly, C, dan lain-lain untuk menjadi Hacker.

• Programmer handal bisa dengan mudah menjadi hacker juga.

• Serangan tidak hanya melalui network layer, tapi juga application layer.

• 70% serangan melalui port 80/aplikasi.

• Kerugian terbesar berasal serangan dari orang dalam, dan 80% serangan dilakukan oleh orang dalam.


Sumber :

http://hendrysajahh.wordpress.com/2010/03/04/security-kerawanan-pada-port-80/

http://seven-technology.blogspot.com/2010/03/apa-itu-port.html




Your Reply

LiVe MusT Go On