.

Open Source

Pengertian Open Source :

Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.

Apa tujuan orang membuat program opensource? Biasanya program opensource dibuat oleh para programmer yang bukan berasal dari kalangan komersil, bisa dari siswa, mahasiswa, dosen, yayasan, atau perusahaan yang melakukan penelitian, yang tidak menutup kemungkinan buah karyanya kemudian dilisensikan. Kehadiran opensource banyak membantu terutama bagi mereka yang keberatan untuk membeli mahalnya program-program yang berlisensi.

Open Source memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Ketersediaan source code dan hak untuk memodifikasi

Ini merupakan hal yang penting. Hal ini menyebakan perubahan dan improvisasi pada produk software. Selain itu, hal ini memunculkan kemungkinan untuk meletakan code pada hardware baru, agar dapat diadaptasi pada situasi yang berubah-ubah, dan menjangkau pemahaman bagimana sistem itu bekerja secara detail.

2. Hak Untuk Mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code

Hal ini merupakan titik perbedaan open source software dengan free software. Pada kenyataannya hak pendistribusian diakui dan merupakan hal yang umum, ini adlah hal yang berpengaruh bagi sekumpulan developer (pengembang) untuk bekerja bersama dalam project Open Source Software.

3. Hak Untuk Menggunakan Software

Ini merupakan kombinasi dari hak pendistribusian, menjamin (jika software cukup berguna) beberapa user yang mana membantu dalam menciptakan pasar untuk berlangganan software. Hal ini juga membantu dalam improvisasi secara fungsi. Selain itu akan menyebabkan sejumlah user untuk mencoba produk dan mungkin menggunakannya secara reguler.

Keuntungan Menggunakan Open Source :

1. Adanya hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code.

2. Tidak disandera vendor

Open Source menggunakan format data terbuka, sehingga data menjadi transparan dan bisa dengan bebas diproses di dalam sistem komputer yang berbeda-beda, sambil tetap menjaga keamanannya. Dengan demikian, konsumen tidak lagi terikat pada kemauan vendor untukn dapat menggunakan data-datanya.

3. Ketersediaan source code dan hak umtuk memodifikasi

4. Kesalahan (bugs,error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki

Hal ini dikarenakan jumlah developer-nya sangat banyak dan tidak dibatasi. Visual inspectionnya (eye-bolling) merupakan salah satu metodologi pencarian nugs yang paling efektif. Selain itu, source code tersedia membuat setiap orang dapat mengusulkan perbaikan tanpa harus menunggu dari vendor.

5. Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan proyek

Proyek open source biasanya menarik banyak developer, misalnya pengembangan web server Apache menarik ribuan orang untuk ikut mengembangkan dan mamantau.

6. Lebih Aman

Sifatnya yang terbuka membuat produk open source dapat dievaluasi oleh siapapun. Secara umum, open source memiliki potensi untuk lebih aman meskipun dia tidak terkendali secra otomatis. Namun, hal ini dapat tercapai jika security by obscurity bukan tujuan utamanya.

7. Kualitas produk lebih terjamin

Hal ini dikarenakan evaluasi dapat dilakukan oleh banyak orang, sehingga kualitas produk dapat lebih baik. Namun, hal ini hanya berlaku untuk produk opeb source yang ramai dikembangkan orang.Tidak selamanya open source dikembangkan oleh orang banyak, karena bisa juga dilakukan oleh invidual.

8. Tidak mengulangi development

Pengulangan merupakan pemborosan. Adanya source code yang terbuka membuka jalan bagi seseorang untuk melihat solusi-solusi yang permah dikerjakan oleh orang lain. Namun, pada kenyataannya tetap banyak pengulangan.

9. Hemat biaya. Sebagian besar developer ini tidak dibayar/digaji

Dengan demikian, biaya dapat dihemat dan digunakan untuk oengeluaran yang tidak dapat ditunda,misal membeli server untuk hosting web.

10. Mencegahsoftware privacy yang melanggar hukum.

11. User dapat memodifikasi dan mengunci agar hanya kalangan terbatas yang dapat membaca code dan memodifikasinya.

12. USer dapat membuat salinan tak terbaca kode dan memodifikasinya, menjual atau memberikan bebas hasil lisensi.

Kerugian Menggunakan Open Source :

1. Open source digunakan secara sharing dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan software yang lainnya, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.

2. Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source

Ketersediaan source code yang diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya.SDM yang hanya mampu menggunakan produk saja. Jika demikian maka tidak ada bedanya produk open source dengan yang propertary dan tertutup.

3. Tidak adanya proteksi terhadap HAKI

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa open source merupakan aset yang harus dijaga kerahsiaannya. Hal ini dikaitkan dengan besarnya usaha yang sduah dikeluarkan untuk mebuat produk tersebut. KArena sifatnya dapat diabuse oleh orang-orang untuk mencuri ide dan karya orang lain.

4. Limitasi modifikasi oleh orang-orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya.

5. Kesulitan dalam mengetahui status project

6. Tidak ada garansi dari pengembangangnya.

Lisensi dari Open Source Software :

a. GPL ( GNU General Public Licence)

GPL merupakan lisensi bagi software yang bernaung dalam distribusi GNU project.

b. BSD ( Berkeley Software Distribution)

Secara ringkas pendistribusian dapat dilakukan sepanjang berhubungan dengan software, meliputi penggunaan property project.

c. MPL (Mozilla Public Licence)

Merupakan licence yang dibuat oleh Netscape dalam pendistribusian code dari mozilla, versi baru dari navigator jaringan.


Sumber :

http://freezcha.wordpress.com/2011/03/18/keuntungan-dan-kerugian-penggunaan-open-source/

http://organisasi.org/penjelasan-pengertian-open-source-software-dan-free-software

http://nyenyenk.blogspot.com/2008/12/keuntungan-dan-kerugian-dari-open.html





One Response to “ ”

  1. uhooi says:

    Yup's masih butuh banyak belajar neh untuk yang satu ini. Sepertinya lebih bisa mendorong perkembangan kreatifitas kita di dunia software. Uhooi...!!

Your Reply

LiVe MusT Go On